Widget HTML #1

Sejarah Virus Komputer Serta Jenisnya dan Cara Penanggulannya

 

Gambar By geralt/pixabay.com

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya virus, Virus komputer sudah ada sejak lama dan hampir seluruhnya sudah menyebar di internet.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar virus diciptakan untuk mencuri informasi pengguna maupun mengganggu atau merusak sistem. Tapi apakah kalian tahu asal mula terciptanya virus komputer.

Virus pertama di dunia, yang disebut “creeper worm” merupakan hasil eksperimen ilmuwan yang dirilis pada tahun 1971. Creeper worm akan memenuhi hard drive yang menyebabkan komputer tidak dapat beroperasi lagi. Creeper worm sendiri merupakan virus yang diciptakan oleh BBN technologies di AS.

Suatu jenis program komputer yang dibuat untuk tujuan menyerang, memusnahkan, atau memperbaiki suatu program disebut virus komputer. Cara kerja virus komputer ini mereplikasi dirinya sendiri dengan memodifikasi program komputer lain dan memusnahkan kodenya sendiri.

Jika proses replikasi ini berhasil, maka bagian yang terkena dampak dapat dikatakan "terinfeks" oleh virus komputer.  

Virus yang pertama kali terdeteksi oleh ARPANET atau cikal bakal internet adalah Virus Creeper. Creeper merupakan sebuah program replikasi diri yang ditulis oleh Bob Thomas di BBN menginfeksi targetnya melalui

ARPANET dengan cara menyalin dirinya sendiri ke dalam sistem jarak jauh yang kemudian akan menampilkan pesan "Tm the Creeper, catch me if you can" Meskipun Creeper menjadi virus yang pertama kali ditemukan, virus ini tergolong tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kerusakan pada data.

Sementara itu, virus komputer yang pertama kali menginfeksi MS-DOS adalah “Brain” yang dirilis pada tahun 1986. Virus ini akan menyerang sistem boot pada floppy disk yang membuat komputer tidak bisa melakukan booting. Virus ini diciptakan oleh dua bersaudara dari Pakistan dengan tujuan awal sebagai copy protection.

Selanjutnya, ada “The Morris” yang merupakan virus komputer pertama yang menyebar secara liar pada tahun 1988. Diciptakan oleh Robert Morris, seorang mahasiswa lulusan Cornell University yang ingin menggunakannya untuk menentukan ukuran internet.

Sayangnya, terjadi kesalahan pemrograman sehingga The Morris menyebar begitu cepat dan mulai menyerang sistem operasi komputer. Diketahui, virus ini berhasil menginfeksi 15.000 komputer hanya dalam jangka waktu 15 jam.

Sejak saat itu, mulai banyak virus bermunculan yang menyebabkan tren virus komputer meningkat setiap tahunnya, dan memiliki dampak yang berbeda-beda.

1. Trojan

Trojan adalah virus yang dibuat dengan tujuan untuk mencuri data serta mengkontrol data korban. Virus ini masuk kedalam komputer lewat internet, email, dan lain – lain.

2. Worm

Worm dikategorikan sebagai virus yang tidak membahayakan, namun mengganggu. Pasalnya, jika komputer terjangkit virus worm dibiarkan terlalu lama, worm akan menggandakan dirinya sendiri dan membuat space pada harddisk pengguna penuh.

3. Memory Resident

Biasa akan menyerang RAM. Komputer yang terjangkit virus ini biasanya sering mengalami perlambatan pada program ketika dijalankan.

4. Companion Virus

Merupakan virus yang cukup sulit untuk di Track. Virus ini cukup mengganggu karena  dapat mengubah format dari file kita. Hal tersebut membuat file kita tidak dapat dibuka atau bahkan sulit ditemukan

5. FAT Virus

Atau File Allocation Table Virus adalah virus yang cukup berbahaya, karena memiliki kemampuan untuk menghancurkan file kita. Selain menghancurkan, bisa saja virus ini menyembunyikan file – file kita, sehingga seakan akan hilang atau terhapus.

Dan masih banyak lagi. Walapunvirus dapat mengakibatkan banyak hal negative, namun masih bisa kita cegah dan mengatasi virus yang telah atau akan menginfeksi komputer kita.

Berikut beberapa langkah-langkah yang dapat di lakukan:

  1. Gunakan Antivirus Bawaan komputer atau pihak ketiga yang sudah ada seperti avira, smadav, avg dan lain-lain.
  2. Berhati-hati saat berselancar di internet seperti download file atau aplikasi, atau menggunakan wi-fi karena apabila anda sedang menggunakan area public, Wi-Fi gratis bisa sajah merupakan jebakan yang disiapkan oleh hacker untuk mencuri data dan informasi maupun menyisikan virus kedalam komputer kita. Gunakan Wi-Fi yang benar-benar terpercaya.
  3. Scanning anti virus terhadap portable device selalu berhati-hati akan portable device yang akan terhubung ke komputer anda (contohnya usb atau flashdisk) kalian harus selalu melakukan scanning untuk device yang bersifat portable karena portable device sering kali membawa virus dari komputer lain.
  4. Backup data secara berkala ini merupakan rencana cadangan apabila komputer anda telah terinfeksi oleh virus komputer. Biasakan untuk melakukan backup terhadap data-data yang penting, karena apabila data benar-benar telah terinfeksi oleh virus ataupun hilang, maka anda masih memiliki data-daa utama yang berada di lokasi atau perangkat berbeda dan anda bisa mengakses data tersebut dengan aman.

Widianto
Widianto Perkenalkan nama saya Widianto biasa di panggil widi saya sangat senang dengan dunia teknologi dan juga pemrograman. Saat ini saya lulusan Universitas Bina Sarana Informatika, jurusan Sistem Informasi.

Posting Komentar untuk "Sejarah Virus Komputer Serta Jenisnya dan Cara Penanggulannya"