Widget HTML #1

Aplikasi yang perlu dipersiapkan untuk Belajar Pemrograman Web (PHP)

kreatikar/pixabay.com

carapintar.web.id - Bagi sobat yang sedang belajar pemrograman Web PHP atau sedang mempersiapkan peralatan atau aplikasi untuk pengembangakan Web tentu nya harus tau peralatan apa yang harus dimiliki selain laptop atau PC, kali ini saya akan menjabarkannya disini berikut peralatan nya.

1.Text Editor 

Untuk pengembangan website membutuhkan peralatan yang bisa digunakan untuk membangun websitenya. Salah satunya adalah Text Editor alat ini digunakan untuk mengedit serta mengkreasi beberapa file yang berisi bahasa programming atau tempat dimana sobat menulis code atau coding.


Alat atau Aplikasi Text Editor terbaik yang bisa sobat gunakan untuk menulis coding adalah Sublime Text, aplikasi ini cukup terkenal karena memiliki beberapa fitur seperti syntax highlighting, color scheme, bisa bekerja di Mac, Windows dan Linux serta aplikasi yang ringan.


2.Sever Management


Dalam pengembangan website diperlukan juga penyimpanan data kedalam database serta menapilkan halaman web maka untuk bisa menajalankan web server dan database diperlukan aplikasi server yang bediri sendiri (localhost). Aplikasi yang dimaksud adalah Xampp, selain berfungsi sebagai server perangkat ini juga memiliki beberapa program antara lain MySQL database yang berfungsi menyimpan data kedalam database yang nantinya akan digunakan sesuai kebutuhan.


3.Browser

WikimediaImages/pixabay.com

Pada dasarnya browser digunakan untuk berselancar di dunia maya, untuk melihat hasil yang kita buat, setelah melakukan coding maka perlu browser agar bisa melihat tampilan yang sudah dibuat tadi. Untuk Rekomendasi Web Browser adalah Google Chrome aplikasi ini paling banyak digunakan di seluruh dunia sehingga patut digunakan bagi sobat untuk mengetes hasil tampilan yang sudah dibuat agar sesuai yang diinginkan baik selaku pengguna maupun pengembang.


4.Pengelolah database


Sebenarnya pada Xampp sudah disediakan dan bisa dikelolah di halaman Web Browser namun ada cara yang cukup mempermudah pengerjaan baik membuat, mengedit, relasi dll yang ada di database, cukup dengan menggunakan aplikasi HeidiSQL banyak yang menggunakan sebagai alternatif. Aplikasi pengelolah SQL ini ringan tidak rumit, simpel, mudah dan user friendly.


Nah.. itulah beberapa peralatan atau aplikasi yang harus dipersiapkan untuk belajar pemrograman Web PHP semoga dengan postingan ini dapat menabah wawasan serta membantu para pengujung setia.
Widianto
Widianto Perkenalkan nama saya Widianto biasa di panggil widi saya sangat senang dengan dunia teknologi dan juga pemrograman. Saat ini saya lulusan Universitas Bina Sarana Informatika, jurusan Sistem Informasi.

Posting Komentar untuk "Aplikasi yang perlu dipersiapkan untuk Belajar Pemrograman Web (PHP)"