Widget HTML #1

Membuat Aplikasi Atribut File (File Attribute) Menggunakan Vb 6.0

Gbr Set Attribute File

carapintar.web.id - Halo.., sobat kali ini saya mau membagikan aplikasi yang dibuat menggunakan Vb 6.0, kegunaan aplikasi ini adalah untuk membuat suatu file memiliki atribut atau lebih tepatnya kondisi spesifik pada sebuah file atau folder, dimana Windows memperlakukan secara khusus pada file atau folder tersebut.

Sebagai contoh sebuah file berformat pdf dengan nama contoh.pdf akan saya ubah atribut file tersebut menjadi tidak terlihat atau Hidden, maka file tersebut akan tidak terlihat di suatu folder asalnya bisa sobat lihat pada contoh gambar dibawah.

Tidak hanya itu ada beberapa Atribut File pada windows diantaranya:

1. Archive
File dengan atribut archive ditampilkan seperti file dengan atribut lain. Atribut ini berguna sebagai penada bahwa file ini merupakan back up copy dari file yang asli.

2.Hidden
File dengan atribut Hidden akan disebunyikan atau tidak ditampakan secara langsung pada windows explorer. Kita harus merubah atributnya atau menyetel folder options untuk menampilkan file tersembunyi pada windows explorer. File dengan atribut hiden tetap dapat dibaca dan dirubah isinya (Read-Write).

3. ReadOnly
File dengan atribut Read Only hanya dapat dibaca namun tidak dapat dirubah isi filenya sebelum kita menghilangkan atribut Read Only pada file tersebut. Atribut ini berguna untuk melindungi keaslian file agar tidak dapat dimodifikasi.

4. System
File dengan atribut system akan disembunyikan dengan prioritas yang lebih diutamakan daripada file dengan atribut hidden. File dengan atribut system dianggap sebagai file yang dibutuhkan untuk kelangsungan berjalannya sistem pada windows sehingga keberadaannya harus dilindungi/disembunyikan dengan aman agar tidak terhapus oleh user. File dengan atribut sistem sering juga disebut dengan super hidden.

Setelah mengetahui beberapa Atribut File sobat bisa mencobanya dengan cara klik kanan pada file dan folder yangtelah dipilih, kemudian pilih properties maka akan tampil seperti gabar berikut. 

Kemudian pada tab General dibagian paling bawah terdapat 2 pilihan atribut standar yaitu Read Only dan Hidden, pilih atribut yang ingin diterapkan dengan meberikan tanda centang atau ceklist pda atribut yang diinginkn dan klik Ok maka atribut yang terpilih akan diterapkan.

Cara diatas merupakan cara standar bawaan windows sobat bisa menggunakan dengan membuat aplikasi Atribut File ini menggunakan Vb 6.0 sama persis penggunaannya hanya saja ini via aplikasi. Aplikasi ini hanya bisa memilih file sajah yang ada didalam folder namun sobat bisa kembangkan lagi aplikasi ini.

Jika sobat penasaran sobat bisa lihat contoh gambaran aplikasi pada bagian bawah ini, atau langsung bisa download pada tombol dibawah ini. Sekian untukpostingan kali ini semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua.

Widianto
Widianto Perkenalkan nama saya Widianto biasa di panggil widi saya sangat senang dengan dunia teknologi dan juga pemrograman. Saat ini saya lulusan Universitas Bina Sarana Informatika, jurusan Sistem Informasi.

Posting Komentar untuk "Membuat Aplikasi Atribut File (File Attribute) Menggunakan Vb 6.0"